Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Pandanarum, Resmi Dikukuhkan.

Pandanarum. Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Pandanarum mengadakan pengukuhan pimpinan untuk periode muktamar ke 48 pada hari Ahad (10/12/2023) bertempat di GOR Desa Pringamba Kecamatan Pandanarum.

Dalam pelaksanaan pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Forkompimca Pandanarum, PDM Banjarnegara, H. Mubasyir Ali. PDA Banjarnegara, Dra. Siti Sofkhah. Segenap Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Pandanarum, serta Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah se Cabang Pandanarum.

Ketua panitia pengukuhan, Tarwin dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya pengukuhan adalah sebagai bentuk penguatan dalam bermuhammadiyah yang didalamnya seluruh anggota harus tetap semangat dalam berjuang Amar Ma’ruf Nahi Munkar melalui persyarikatan Muhammadiyah. Serta tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada semua panitia, pimpinan cabang, dan ranting yang telah berkontribusi dalam acara pengukuhan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua panitia, pimpinan cabang, dan ranting yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, semoga Allah SWT menerima amal soleh kita semua” Imbuhnya.

H. Mubasyir Ali selaku PDM Banjarnegara, selesai melakukan pengukuhan dan menyerahkan surat keputusan PDM kepada Ketua PCM Pandanarum Khamdani, menyampaikan agar para Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pandanarum yang baru saja dikukuhkan, untuk dapat melaksanakan amanah sebaik-baiknya demi majunya persyarikatan Muhammadiyah.

Selesai pengukuhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah, dilanjutkan pengukuhan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Banjarnegara Dra. Siti Sofkhah.

Marfuah selaku ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah Pandanarum menerima surat keputusan dari PDA Banjarnegara. Siti Sofkhah berharap setelah dikukuhkannya Pimpinan Cabang Aisyiyah Pandanarum, ke depannya ‘Aisyiyah akan semakin maju dan dapat bekerja secara maksimal.

Pada kesempatan yang sama juga dikukuhkan pimpinan ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah se cabang Pandanarum oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah. Ada 8 Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang dikukuhkan yaitu : Ranting Getas, Ranting Bedahan, Ranting Beji Lampeng, Ranting Beji Wetan, Ranting Beji Serang, Ranting Pandanarum, Ranting Sinduaji, dan satu ranting yang baru terbentuk yaitu Ranting Pasegeran.

Kegiatan diakhiri dengan pengajian yang disampaikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara, Widyasmara. Beliau menyampaikan ada tiga hal yang perlu ditanamkan di dalam hati oleh para pimpinan Muhammadiyah. Pertama yakini bahwa Muhammadiyah itu benar, kedua berjuang di Muhammadiyah sama saja berjuang untuk Islam, ketiga pahami tujuan Muhammadiyah yaitu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Selain itu beliau juga berpesan, pertama bahwa ruh ranting adalah pengajian, sehingga diharapkan di setiap ranting ada pengajian rutin. Kedua warga Muhammadiyah untuk gemar berinfak sebagai bukti keimanan kita kepada Allah SWT. Ketiga pengkaderan berbasis keluarga yaitu dengan cara mengikutsertakan semua anggota keluarga dalam kegiatan Muhammadiyah terutama anak-anak, agar anak mengenal Muhammadiyah sejak dini. Beliau juga memiliki harapan agar ada pengembangan ranting di cabang Pandanarum sehingga dari 8 desa di Kecamatan Pandanarum, masing-masing ada ranting Muhammadiyah.

“Saya berharap, semoga di tahun 2025 akan ada pengembangan ranting di cabang Pandanarum sehingga dari 8 desa di Kecamatan Pandanarum ada ranting Muhammadiyah,” pungkasnya.

Share the Post:
Related Posts
Skip to content