Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

MUSYCAB PCPM Batur Berlangsung Sukses dan Meriah

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Batur sukses menggelar Musyawarah Cabang (Musycab) Periode Muktamar ke-18 pada Ahad, 24 Desember 2023 bertempat di Madrasah Diniyah Takmiliyah ‘Aisyiyah Batur.

Pelaksanaan Musycab ini dilaksanakan sebagai agenda evaluasi gerakan Pemuda Muhammadiyah Cabang Batur periode sebelumnya (Muktamar ke-17) serta perencanaan arah gerakan organisasi untuk periode Mukatamar ke-18, dan juga terdapat agenda pemilihan formatur sebagai representasi Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Batur.

Musycab diawali dengan pembukaan yang cukup meriah dengan diisi penampilan dari paduan suara PCPM Sport yang membawakan 4 lagu. Dilanjutkan dengan laporan Ketua panitia, Khairul Umam yang mengabarkan bahwa peserta untuk kegiatan ini berjumlah 90 orang yang berasal dari 6 Ranting dan 24 Masjid/Mushala se-Cabang Batur.

Pada saat menyampaikan sambutan, Akrom Khamidi selaku Ketua (PCPM) Periode Muktamar ke-17 menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung PCPM Batur dalam melaksanakan amanat serta memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang dilakukan baik sengaja maupun tidak. Akrom Khamidi juga mengharapkan akan munculnya Pimpinan yang amanah dan mampu membawa pergerakan PCPM Batur lebih baik dari periodenya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Hadi Purwanto selaku Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batur. Beliau menyampaikan bahwa Pemuda Muhammadiyah Batur memiliki kader dengan kualitas dan kuantitas yang mumpuni, hal ini membuat Muhammadiyah di masa yang akan datang tidak memiliki kekhawatiran sedikit-pun akan rendahnya kualitas kader. Hadi Purwanto juga berharap dengan Musycab ini bisa mendapatkan hasil permusyawaratan yang baik sehingga berjalannya Pemuda Muhammadiyah Cabang Batur akan semakin baik.

Selaras dengan Hadi Purwanto, Kepala Desa Batur Ahmad Fauzi menyampaikan sebuah kata Mutiara yang sangat cocok dengan momentum Musycab, pemuda saat ini adalah pemimpin di masa depan. Hal ini memberikan suntikan bagi semangat dan motivasi bagi Pemuda Muhammadiyah agar selalu berjuang untuk ummat dan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, kader PCPM juga mendapatkan pengarahan dari Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) yang diwakili oleh Heri Sunaryo yang juga terpilih sebagai Ketua PDPM Banjarnegara terpilih pada Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara . Dalam arahannya Heri menyampaikan tema yang diusung dalam Musycab ini benar-benar diusahakan demi terwujudnya berkeadaban dan berkemajuan, hal ini berat jika diusakan sendiri namun akan lebih ringan jika diusung bersama. Tidak lupa Heri juga mengharapkan munculnya pimpinan yang bisa intensif berkomunikasi dengan Pimpinan Daerah agar gerakan yang dilaksanakan baik di tingkat cabang dan tingkat daerah bisa maksimal.

Pelaksanaan Musycab berjalan lancar dengan dipimpin oleh Pimpinan Sidang yang diketuai oleh Khoirul Ridwan, sekretaris Ainun Najib dan satu anggota Ariz Adani. Sidang dimulai dengan pembacaan tata tertib persidangan dan tata tertib pemilihan, dan dilanjutkan dengan Laporan Pertanggungjawaban PCPM Periode Muktamar ke-17 dan semua laporan diterima oleh Musyawirin. Berlanjut kepada sidang berikutnya yang membahas Garis Besar Haluan Organisasi dalam format sidang komisi yang dibagi berdasarkan bidang di dalam Pemuda Muhammadiyah.

Pada fase akhir Musycab dilaksanakan pemilihan dengan menggunakan e-voting yang dibantu oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Batur. Para peserta memilih 13 orang dari 51 calon yang telah lolos penjaringan dan menyatakan bersedia setelah masuk 62 usulan dari pemilik suara. Hasil pemilihan menghasilkan Nurul Hidayat mendapatkan suara terbanyak dilanjutkan secara berurutan Fimansyah Mukti Ahmad, Khoirul Ridwan, Frida Afgani, Ahmad Faza, Febriyansyah Ramadani, Sayyid Rozan, Aris Darmawan, M. Khoirul Umam, Dwi Aristiawan, Robby Nurdiansyah, Ahmad Manarul H., dan Jamaludin Kiroma A. Dilanjutkan dengan sidang formatur yang memutuskan Frida Afgani sebagai ketua dan Dwi Aristiawan sebagai sekretaris PCPM Periode Muktamar ke-18. Dalam sambutannya Frida Afgani menyampaikan harapan agar semua rekan di Pemuda Muhammadiyah membantunya dalam melaksanakan amanah ini.

Kontributor : PCM Batur

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content