Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MT-PWM) Jawa Tengah Gelar Rakerwil ke-II, Tekankan Pentingnya Masivikasi Dakwah Digital

Bertempat di Hotel Rawa Pening Bandungan, Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MT-PWM) menggelar Rakerwil ke-II pada 25-26 Desember 2023. Dalam kesempatan tersebut, PDM Banjarnegara mengirimkan 3 delegasi, yakni Drs. Wiwin Purwosetiono, Ahmad Mulyanto, S.Pd.I., M.Pd dan Imam Arifin, S.Sos., M.Psi.

Gelaran Rakerwil ini juga dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan program dari Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (MT-PP) serta menyamakan pemahaman tentang tujuan dan visi misi Majelis Tabligh ke depan.

Dalam gelaran acara tersebut, hadir ketua PWM Jateng Dr. KH. Tafsir, M.Ag. Beliau menekankan kepada para peserta Rakerwil akan pentingnya seorang Da’I untuk bisa memahami kondisi jama’ahnya yang ada di akar rumput, terutama dari sisi sosiografi, sosioekonomi, dan psikologis jama’ahnya. Karena dengan memahami sisi-sisi tersebut, akan muncul strategi dakwah yang berbasis kebutuhan jama’ah.

Ke depannya, Majelis Tabligh di tiap PDM juga harus mampu memfasilitasi kebutuhan jama’ah yang ada di akar rumput, di mana mereka sangat haus dengan kajian-kajian keilmuan yang matang. Hal ini tentu harus menjadi perhatian agar pesan dakwah dapat diserap oleh masyarakat yang ada di masing-masing daerah.

Di sisi lain, Tafsir juga mengatakan tentang pentingnya masivikasi dakwah serta peningkatan olah digital para Da’i. Sehingga Da’i tidak hanya berdakwah di atas mimbar, tetapi juga bisa menjalankan dakwah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Setelah mengikuti Rakerwil ini, diharapkan tiap Majelis Tabligh di tiap PDM mampu Menyusun program kerja hasil turunan dari PWM, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), serta mengeksekusi program yang telah disusun dan disepakati.

Kontributor : Radif Alkaf (Anggota MT PDM Banjarnegara)

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content