Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Kembangkan Jiwa Kewirausahaan MI Muhammadiyah Karangtengah Adakan Market Day

Banjarnegara 22/11/2023. MI Muhammadiyah Karangtengah kembangkan jiwa kewirausahaan siswa dengan kegiatan Market Day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk dari wali murid dan siswa itu sendiri.

Market day mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa. Dalam kegiatan ini, sejumlah 20 siswa yang diambil dari perwakilan kelas I-VI bertugas sebagai penjual sedangkan siswa yang lain sebagai pembeli.

Urip Hidayati menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi peserta didik.

“Ya ini agar anak anak tahu bagaimana rasanya jadi pedagang, dari banyak siswa saya yakin suatu saat ada yang berprofesi sebagai pedagang,” jelasnya.

Urip menambahkan bahwa program ini dilaksanakan 2 kali dalam sebulan tepatnya pada hari Sabtu pekan pertama dan ketiga. Kegiatan ini dilaksanakan sertelah kegiatan Sabtu Ceria. Untuk yang bertindak sebagai pedagang setiap kelas akan diambil 3 anak secara bergilir.

“Program ini dilaksanakan 2 kali dalam sebulan yaitu pada hari sabtu minggu pertama dan ketiga, dan untuk anak yang bertindak sebagai penjual dilakukan secara bergilir,“ jelasnya.

Romadhon siswa kelas 5 yang mendapat giliran sebagai penjual merasa sangat senang dengan kegiatan ini. Ia merasakan pengalaman baru berperan sebagai pedagang.

“Senang sekali saya bisa berlatih berdagang, dan ternyata menyenangkan, ya, sampai saya agak kewalahan melayani pembeli,” ujarnya sambil tersenyum.

Setelah kegiatan selesai, setiap peserta yang bertindak sebagai penjual dikumpulkan oleh guru pembimbing yaitu Lina Nurchasanah. Lina membimbing mereka untuk menghitung modal awal dan hasil yang didapatkan sehingga tahu keuntunganya. Setelah itu mereka diarahkan untuk bersedekah 2,5 % dari keuntunganya.

“Ya, kami sengaja mengumpulkan mereka agar mereka paham dengan hasil berjualannya hari ini dan tahu keuntunganya. Saya juga mengajarkan mereka bersedekah 2,5%,” jelasnya.

Kontributor : Bahkron Sodik

Editor Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content