Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Antusias Siswa MIM Penusupan Ikuti Kegiatan Pemicuan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

Banjarnegara-Siswa MIM Penusupan sangat antusias mengikuti kegiatan dari Puskesmas Pejawaran yaitu Pemicuan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang dilaksanakan di GOR Desa Penusupan 22/11/23. Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.30 – 11.30 berlangsung terasa sangat singkat, pasalnya penjelasan dari pihak Puskesmas yang sangat padat dan jelas, serta perhatian siswa yang begitu antusias. Terbukti ketika anak-anak diberi pertanyaan oleh penyaji, dalam waktu singkat banyak siswa berebut ingin menjawabnya.

“Dari Madrasah Alhamdulillah mendukung sekali program dari kita, lalu untuk pelaksanaan lancar, serta anak-anak juga sangat antusias,” jelas Desi selaku Pj UKM (Penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat) Puskesmas Pejawaran.

5 Pilar STBM yang dipaparkan terdiri dari; stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum, pengelolaan sampah dengan benar dan mengelola limbah cair yang aman. Semua materi disampaikan dengan baik dan jelas oleh penyaji dari Puskesmas.

Adapun tujuan utama dari kegiatan ini dilaksanakan, terkhusus pengenalan kebersihan pada usia dini, yaitu membiasakan anak hidup sehat dan bersih, karena perilaku hidup sehat dan bersih tentunya akan mempengaruhi mutu belajar anak, serta membantu mengoptimalkan kecerdasan anak.

“Mengubah perilaku untuk lebih bersih, dengan lebih bersih, kita bisa mencegah penyakit. Kalau di Madrasah, sasaran kita itu dari siswa, pak, jadi siswa lebih sehat, tumbuh kembang anak bagus, cerdas dan tentunya terhindar dari penyakit,” jelasnya

Adapun agenda STBM dilakukan setiap tahun. Namun, pelaksanaannya tidak di semua SD maupun MI, mengingat bahwa jumlah SD dan MI di Kec Pejawaran yang begitu banyak.

“Untuk menentukan SD atau MI mana yang mendapat giliran, kita tidak serta-merta menunjuk, tetapi kita diskusikan terlebih dahulu dengan dinas pendidikan dan lembaga terkait, karena menyesuaikan kebutuhan pembangunan kesehatan untuk anak-anak,” jelas Anang selaku bagian manajemen Puskesmas Pejawaran.

“Jadi fasilitas kesehatan di Puskesmas, memang memiliki program untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap tumbuh kembang anak, di situ kita mengenalkan kesehatan melaluli pendekatan lingkungan,” Tambahnya

Share the Post:
Related Posts
Skip to content