Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Seribu Pesilat Tapak Suci di Banjarnegara  Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda

Alun-alun Banjarnegara – Seribu pesilat Tapak Suci dari 9 padepokan memenuhi lapangan alun-alun Banjarnegara dalam rangka memeriahkan hari Sumpah Pemuda. Dalam kesempatan tersebut ribuan pesilat berbaju Tapak Suci menampilkan jurus BANJARAN. Pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023

Nadzif salah satu pesilat mengatakan ada seribu pesilat dari 9 padepokan saat memeriahkan hari Sumpah Pemuda di Banjarnegara yang ke-95,  Para pesilat ini menampilkan jurus banjaran. Jurus Banjaran yang ditampilkan merupakan jurus Tapak Suci khas Banjarnegara yang merupakan hasil karya dari Kiai Haji Busyra Syuhada.

‘’Seribu pesilat perwakilan dari sembilan Padepokan yang berbeda perguruan yang menampilkan jurus Banjaran ’’ terangnya, saat ditemui di Alun-alun Banjarnegara. Ahad (29/10/2023)

Atraksi dari tiap-tiap padepokan juga tak ketinggalan, mulai dari berjalan  melewati rintangan dengan mata tertutup, atraksi memecahkan batu, memecahkan hebel, mematahkan besi, dan aksi berkuda dengan kepala tertutup.

‘’Banyak mas, berjalan sambil menutup mata, mecahin batu, hebel, besi, naik kuda tapi kepalanya ditutup.’’ sebutnya saat ditanya.

Pada kesempatan berbeda, Aan selaku Guru Tapak Suci berharap setelah ditampilkannya jurus Banjaran oleh seribu pesilat ini, akan mampu melestarikan seni beladiri Tapak Suci yang notabene seni beladiri asli Banjarnegara.

‘’Harapan saya, semoga para pesilat dapat melestarikan seni bela diri Tapak Suci Banjarnegara, juga dapat mengajarkan kepada temannya,’’ Terang  Aan, selaku guru dari salah satu pedepokan.

Kontributor Nadzif, Bimpi, Muhandis.

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content