Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Santri Daarul Falaah Merden Kerja Bakti Bangun Gedung Baru

MERDEN – Pondok Pesantren Daarul Falaah Merden saat ini tengah melakukan pembangunan gedung baru di Dusun Rawawungu, Desa Merden. Sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian sebagai seorang santri, para santriwan Ponpes Daarul Falaah melakukan kerja bakti untuk membantu proses pembangunan tersebut, Ahad pagi (12/11/2023).

Salah seorang Ustaz Ponpes Daarul Falaah, Ifad Zain Azhar mengatakan, kegiatan kerja bakti ini dilakukan untuk menumbuhkan kepedulian sebagai seorang santri atas pembangunan gedung baru tersebut.

“Untuk kegiatan hari ini, memang kita libatkan anak-anak, kerja bakti itu, ya, salah satunya, biar mereka tahu bahwasannya Darul Falaah sedang membangun Gedung 2. Selanjutnya ini juga sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap tempat yang akan mereka huni suatu saat nanti dan alhamdulillah semua santri putra 90% hampir ikut semua kecuali yang sakit. Tentunya dari hal ini mereka menjadi merasa memiliki tempat yang akan mereka singgahi,” katanya saat diwawancarai (12/11).

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan kerja bakti ini bisa menjadi amal jariyah bagi para santri dan juga dapat menjadi agenda rutin kegiatan para santri.

“Harapannya proses pembangunan berjalan lancar dan menjadi bagian jariyah mereka berpartisipasi hari ini dan setelah ini prosesnya masih panjang. Jadi mungkin, suatu saat kita libatkan lagi dan bisa menjadi program mingguan atau bahkan dua mingguan, melihat situasi dan kondisi,” lanjutnya.

Salah seorang santri, Dzulfikar Sulaiman Prabowo, mengaku bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti ini. Ia mendoakan agar pembangunan gedung baru dapat berjalan lancar dan melahirkan kader-kader Muhammadiyah hebat di masa yang akan datang.

“Alhamdulillah santrinya bisa mbantu, untuk membangun pondoknya sendiri. Terus santrinya juga membantu untuk pembangunan pondoknya yang sedang berkembang. Harapannya pondok ini bisa membentuk kader-kader muhammadiyah yang hebat-hebat. Terus bangunan ini semoga menjadi pembangunan yang berkah dan bisa menjadi tempat mencari ilmu yang bagus,” ucapnya dangan penuh semangat.

Pada kesempatan yang sama, Dharsum, selaku ketua PCM Merden ikut memantau kegiatan tersebut, ia juga mengatakan, bahwa proses pembangunan sudah dimulai pada tanggal 3 Oktober dan saat ini salah satu unit bangunan sudah mulai terlihat bentuknya, yaitu bangunan masjid.

“Progress Pembangunan Gedung 2 Ponpes Daarul Falaah, yang dimulai sejak tanggal 3 Oktober kemarin. Saat ini (bangunan) masjid sudah mulai pasang tiang dan mulai pasang dinding bata. Kemudian untuk unit ruang kelas dan unit ruang belajar itu sudah membuat galian pondasi atau foot plate,” katanya saat diwawancarai Ahad pagi (12/11).

Selanjutnya, Dharsum menjelaskan bahwa dalam tahap pertama ini ada empat fokus utama pembangunan. Yaitu pembangunan masjid, ruang kelas, rumah ustaz dan sarana MCK. Ia berharap setelah pembangunan tahap pertama selesai, tahap-tahap berikutnya dapat terus dilakukan seiring berjalannya waktu. Sehingga kegiatan belajar mengajar di Ponpes Daarul Falaah Merden bisa lebih efektif dan maksimal.

Harapan dari pimpinan cabang dengan nanti selesainya dibangun untuk 1 unit masjid, ruang kelas, kemudian rumah ustaz kedepannya tentu nanti sampai dengan lantai 2 lantai 3 dan sarana dapur, asrama dan seterusnya. Sehingga, Lembaga Pendidikan pondok pesantran Muhammadiyah Cabang Merden itu, bisa terpisah antara putra dan putri, baik pembelajarannya maupun asramanya nanti benar-benar terpisah. Sehingga, faktor syar’i nanti terpenuhi dan mudah-mudahan anak-anak konsentrasi secara maksimal,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wahyudin, yang bertugas di bidang Teknis Kontruksi dan Arsitektur, pihaknya mengatakan bahwa progres pembangunan sudah berjalan baik dan sesuai dengan perencanaan.

“Untuk progres ini tahap pertama, ya, pembuatan untuk ruang kelas, ya. Untuk utara itu pembuatan lobang untuk foot plate atau istilahnya orang jawa itu ceker ayam. Selanjutnya pengecoran foot plate-nya, terus setelah itu naik ke sloof baru nanti kolom-kolom di tanam. Untuk masjid sendiri ini sudah sampai kolom, insyaallah besok sampai atas itu mulai nge-ring balok” (isf)

Sebagai informasi, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Merden saat ini masih terus menggalang dana untuk menyukseskan pembangunan gedung baru tersebut. Donasi dapat disalurkan melalui keterangan yang tertera dalam flyer berikut ini:

Editor dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content