Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Sah! Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara Resmi Dikukuhkan, Begini Amanat Ketua PDM Banjarnegara

“Pemuda Berkeadaban untuk Banjarnegara Berkemajuan”, menjadi tagline agenda pengukuhan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Banjarnegara periode Muktamar ke 18 masa bakti 2023-2027, Ahad, 16 Rajab 1445 H bertepatan dengan 28 Januari 2024 M, bertempat di PusdaMu (Pusat Dakwah Muhammadiyah) Banjarnegara.

Pengukuhan yang berlangsung sederhana namun khidmat ini dihadiri oleh Ketua PDM Banjarnegara Drs. Sobri, Ketua Kwarda HW Banjarnegara Ramanda Sumono, perwakilan PDA Banjarnegara, PDNA Banjarnegara, PD IPM Banjarnegara, perwakilan PWPM Jawa Tengah, Ketua PDPM Banjarnegara periode Muktamar ke 17 masa bakti 2019-2023, struktural PCPM yang akan dikukuhkan, dan tamu undangan lainnya.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan SK dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Tengah oleh Sekretaris Bidang Komunikasi, Informasi, dan Telekomunikasi, Agam Setyo Bakti. Pengukuhan pimpinan harian dan anggota PDPM Banjarnegara dikukuhkan oleh PWPM Jawa Tengah yang diwakili oleh Norman Hidayat, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengukuhan struktur BPO KOKAM Daerah Banjarnegara oleh Ketua PDPM Banjarnegara periode Muktamar ke 18, Heri Sunaryo.

Mewakili jajaran PDPM Banjarnegara periode Muktamar ke 17, Jaka Prasetya selaku ketua, menyampaikan sambutannya di depan segenap hadirin. Dalam sambutannya, Jaka mengucapkan selamat kepada segenap jajaran PDPM Banjarnegara periode Muktamar ke 18. Jaka menyadari bahwa masa kepemimpinannya tidaklah sempurna. Terlebih lagi belum lama setelah pengukuhan, dunia dihantam oleh pandemi Covid-19. Tak pelak, hal tersebut juga turut memengaruhi gerak langkah PDPM Banjarnegara di eranya. Jaka berharap, di bawah komando Heri Sunaryo, PDPM Banjarnegara kian progresif.

Heri Sunaryo, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjalin komunikasi antara PDPM dengan PCPM dan PRPM. Terlebih di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi digital yang serba memudahkan dalam berkomunikasi. “Saya persilakan hadirin sekalian mengeluarkan ponsel masing-masing, akan saya diktekan nomor saya, silakan dicatat dan disimpan. Kemudian kirim pesan kepada saya dan saya akan menyimpan nomor saudara. Menyimpan nomor adalah bagian dari menghargai, memberikan komentar status adalah bentuk dari menjalin komunikasi. Ini adalah awal dari komunikasi kita, ke depan kita akan berkomunikasi dan berkunjung langsung ke PCPM-PCPM, syukur-syukur hingga ke PRPM-PRPM,” ujar Heri.

Di tengah rangkaian agenda pengukuhan, dilakukan sesi penyerahan trofi dan sertifikat lomba dalam rangka Milad KOKAM ke 58. Berikut daftar pemenang dari setiap lomba:
– Lomba PBB
• Juara 1 : Cabang Pandanarum
• Juara 2 : Cabang Pagentan
• Juara 3 : Cabang Sigaluh
– Lomba Lempar Pisau
• Juara 1 : Cabang Mandiraja
• Juara 2 : Cabang Wanadadi
• Juara 3 : Cabang Karangkobar
– Lomba Panahan
• Juara 1 : Cabang Banjarmangu
• Juara 2 : Cabang Kalibening
• Juara 2 : Cabang Karangkobar
– Lomba Pidato Kebangsaan
• Juara 1 : Cabang Karangkobar
• Juara 2 : Cabang Pandanarum
• Juara 3 : Cabang Sigaluh
– Lomba Tahfidzul Qur’an
• Juara 1 : Cabang Karangkobar
• Juara 2 : Cabang Sigaluh
• Juara 3 : Cabang Wanadadi

Wakil Ketua Bidang KOKAM dan SAR PWPM Jawa Tengah sekaligus Komandan Wilayah (Danwil) KOKAM Jawa tengah, Manshur Nurdin, menyampaikan amanat sebagai perwakilan dari Ketua PWPM Jawa Tengah. “Lanjutkan apa saja yang baik dan inovatif dari periode sebelumnya. Ketua PDPM Banjarnegara periode sebelumnya adalah orang yang vokal, sehingga PDPM Banjarnegara mampu terlihat dan tampil di Wilayah Jawa Tengah. Selain itu, KOKAM Daerah Banjarnegara memiliki kuantitas yang besar. Oleh karena itu, oleh Ketua PWPM Jawa Tengah, saya langsung ditunjuk untuk hadir di agenda pengukuhan ini, sekaligus untuk menyapa seluruh KOKAM di Daerah Banjarnegara. Selain dari kuantitasnya yang besar, kita juga harus meningkatkan kualitasnya, dari segi intelektualitasnya,” jelas Manshur.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian amanat oleh Ketua PDM Banjarnegara, Drs. Sobri. “Kami atas nama PDM Banjarnegara menyampaikan selamat atas pengukuhan dan selamat mengemban amanah dari Musyda Pemuda Muhammadiyah Banjarnegara yang telah dilaksanakan pada bulan Desember yang lalu. Semoga ini semua akan menjadi satu langkah yang besar untuk periode yang sedang berjalan ini. Tadi sudah diawali dengan Ketua PDPM memberikan nomor ponselnya dan ini adalah langkah yang strategis untuk pembinaan anggotanya, baik anggota pimpinan daerah maupun anggota pimpinan cabang, dan lain-lainnya. Ini adalah langkah yang sangat efektif dan sangat strategis untuk pembinaan anggotanya,” tegas Sobri.

Sobri melanjutkan, “PWPM Jawa Tengah sudah menyampaikan banyak amanat, saya hanya menggarisbawahi, kemudian menyampaikan bahwa Pemuda Muhammadiyah itu sudah mulai tahun 1980-an sudah menetapkan Gedung Dakwah Muhammadiyah itu sebagai kantor. Kalau dulu belum ada ruang-ruangnya, sekarang sudah ada ruang-ruangnya, maka manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Diperlukan peningkatan koordinasi dan komunikasi yang selama ini telah terjalin dengan PDM Banjarnegara, sehingga ke depan gerak Pemuda Muhammadiyah itu nanti akan sinkron dengan gerak Muhammadiyah.”

“InsyaAllah kita akan mengawal ortom-ortom yang ada di Banjarnegara dengan kegiatan-kegiatannya. Sehingga kegiatan-kegiatan dan program-program kita akan bermuara pada khusnul khotimah (akhir yang baik). Seperti untuk KOKAM yang ada di Banjarnegara, ini masih perlu sekian ratus anggota KOKAM, sebagai target yang ada di Banjarnegara. Maka ini juga perlu dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan PDM Banjarnegara yang akan mendampingi,” kata Sobri.

“Sekali lagi, kami atas nama PDM Banjarnegara menyampaikan apresiasi kepada PDPM Banjarnegara yang telah melaksanakan pengukuhan. Mudah-mudahan gerakannya semakin eksis dan semakin maju lagi. Dan kepada demisioner PDPM Banjarnegara, kami ucapkan terima kasih dan kemudian untuk masuk ke jenjang berikutnya. Tadi disampaikan ada yang masih terpilih di pimpinan Pemuda Muhammadiyah. Ada yang di Muhammadiyah, baik di daerah maupun di cabang, monggo untuk terus dilakukan, sebagai kaderisasi yang ada di tempat masing-masing. Karena kaderisasi itu memang sangat penting, sebagai kader pelopor, pelangsung, dan penyempurna cita-cita dan gerak Muhammadiyah itu adalah di tangan pemuda.”

“Pemuda sekarang akan mengganti kita yang sudah semakin udzur. Maka dari pemuda ini, kita berharap mudah-mudahan ilmu yang didapatkan akan digunakan dan dipakai dalam jenjang-jenjang organisasi. Mudah-mudahan kaderisasi terus dilaksanakan di pemuda dan di ortom lainnya, dengan menggerakkan kaderisasi lewat keluarga. Yang sekarang sedang dicanangkan adalah keluarga sebagai kader-kader, tempat untuk mengkader pelopor-pelopor kita. Dari pemuda kita lihat juga sebagian sudah ada yang berkeluarga dan sebagian sedang mempersiapkan untuk membentuk keluarga. Dari kecil sudah kita kenalkan dengan Muhammadiyah, anak-anak kita dan calon anak-anak kita.”

“Amanat dari PP Muhammadiyah, masjid hanya digunakan untuk tempat dakwah dan tempat kaderisasi. Kita manfaatkan pemuda-pemuda Muhammadiyah untuk menggerakkan masjid. Seringkali di masjid-masjid, ketika kita lihat, itu adalah yang sudah udzur-udzur. Pemuda di mana? Maka mari pemuda ini digerakkan juga untuk menggerakkan masjid. InsyaAllah ketika pemuda itu terjun menggerakkan masjid, bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi menjadikan masjid sebagai tempat dakwah, dakwah bukan hanya pengajian saja, dakwah di segala bidang, baik bidang rohani, bidang ekonomi, dan lain-lainnya. Beberapa masjid telah memberikan manfaat yang sangat besar kepada umat di sekelilingnya. Kita bisa melihat ke Jogokaryan dan Sragen, yang sudah diakui bahwa masjid itu sudah memberi kepada umat. Siapa yang menggerakkan? Adalah para pemudanya. Para pemuda yang menggerakkan adalah sebagai penggerak dan pelopor. Maka mulailah dari sana juga, dari keluarga, dari masjid, dan pembinaan masyarakat dan warganya. Terus kita bina sehingga mereka akan menjadi kader-kader yang militan dan berkualitas ke depannya.”

Selain itu, dilaksanakan pula pengukuhan struktur kepemimpinan dari Pemuda Muhammadiyah yang telah selesai melaksanakan musycab (musyawarah cabang) Pemuda Muhammadiyah, yaitu PCPM Karangkobar, PCPM Batur, dan PCPM Pagedongan.

Kontributor: Muhammad Afriansyah (Warga Muhammadiyah Merden)

STRUKTUR
PIMPINAN DAERAH PEMUDA MUHAMMADIYAH BANJARNEGARA
PERIODE MUKTAMAR KE-18

Ketua : Heri Sunaryo
Sekretaris : Jamaludin Kiroma Akhmad
Bendahara : Ahmad Zulfikri Riza
BIDANG-BIDANG
Bidang Pendidikan dan Perkaderan
Ketua Bidang : Khoirul Anwar
Sekretaris Bidang : Hendrawan
Anggota Bidang : Fahrur Roji Ma’ruf
Rizal Pujianto
Tofik Hidayat
Pamuji Hendra Pamungkas
Rizki Firnanda Nur
Ahmad Syauqi Muizzudin

Bidang Organisasi dan Keanggotaan
Ketua Bidang : Fitran Zain Nur Abduh
Sekretaris Bidang : Dwi Aristiawan
Anggota Bidang : Lutfian Ramadhan
Muhammad Argi Oktavian
Dwi Ali Susanto
Hengky Adi Wibowo
Ravel Prapanca
Daffa Akram Annas
Rusmanudin
Tegar Satria Eka Sampurna

Bidang Dakwah dan Pengkajian Agama
Ketua Bidang : Imam Arifin
Sekretaris Bidang : Barkah Abdurrahman
Anggota Bidang : Muhammad Hazel Z
M. Radif
Arif Kholdun
Arifin Muhammad Havid

Bidang Seni Budaya dan Olahraga
Ketua Bidang : MH Choirul Umam
Sekretaris Bidang : Sayyid Rozan
Anggota Bidang : Isnan Shaffan
Ahmad Dwi
Burhanudin Jazuli
Asa Muhammad Surya
Nurul Azis

Bidang Komunikasi dan Informasi
Ketua Bidang : Anjar Wibowo
Sekretaris Bidang : M.Afriansyah
Anggota Bidang : Ari Setiawan
Rois Ardian

Bidang Hikmah dan Hubungan antar Lembaga
Ketua Bidang : Sofyan Nurdin
Sekretaris Bidang : M Zidan Akbar
Anggota Bidang : Andi Bahtiar
Tofik Hidayat
Ahfat Setiawan
Ifad Zaim Azhar

Bidang Ekonomi dan Wirausaha
Ketua Bidang : Riza Azyumarridha Azra
Sekretaris Bidang : Mamanfansyah
Anggota Bidang : Hamzah Fahmi
Nikel Muhammad
Aris Tofany
Anggi septiaga, S.P
Muhammad Ifan firmansyah
Adi Supriyono
Renaldi Delba Girdaga SE, Ak.
Pinantu Delba Oldimas SE.MM.
Ahmad Faza
Agus Vasta
Eka hendriyanto
Ikmalana
Imam
Haris setiawan
Taufik hidayat
Eko
Saeful
Kholis azhari

Bidang KOKAM dan SAR
Ketua Bidang : Khabibullah
Sekretaris Bidang : Nanang Agus Priambodo
Bendahara Bidang : Ifron
KSO : Sugeng Kodam

Lembaga Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat
Ketua Bidang : Ifron Amrulloh
Sekretaris Bidang : Samsul Hadi
Anggota Bidang : Ibnu Sina
Sofyan
Alif Muanudin

Lembaga Lingkungan Hidup
Ketua Bidang : Sudarman
Sekretaris Bidang : Christian Eka Diana
Anggota Bidang : Fikri Aliim Wijaya
Prastowo Agung Nugroho
Yudi Prasetya
Struktur BPO Kokam Daerah Banjarnegara

Komandan Daerah : Khabibullah
Sekretaris : Nanang Agus Priambodo
Bendahara : Ifron Amrulloh
KSO : Sugeng Kodam

Asisten Operasi (AO)
Kepala : Nislam Jawier (Wilayah Tengah)
Anggota :
– Misroh (Wilayah Barat)
– Ragil Hidayat (Wilayah Atas)
– Agus Aryanto (Wilayah Kota)

UF SAR (Unit Fungsional Search And Rescue)
Kepala : Erwin Wahyu W
Anggota :
– Adi Wahyudi
– Budi
– Muji
– Prihno
– Hanto
– Soni
– Fauzan
– Sutrisno
UF RGC (Unit Fungsional Regu Gerak Cepat)
Kepala : Kartono S
Anggota :
– Muji
– Suparno
– Kasim
– Syaifulloh
– Ibnu Kholdun
– Basor
– Priyono
– Wahid
– Edi Haryanto
UF PKT (Unit Fungsional Perhubungan, Komunikasi, dan Transportasi)
Kepala : Tohir Riyadi
Anggota :
– Putra Ramadhan
– Sukeri
– Uji Mugi Santosa
– Prastowo Agung
– Saefullah
– Jumri Nuryanto
– Taufik Hidayat
UF INSTRA
Kepala : Irfani
Anggota :
– Tuhani
– Aditya P
– Khaniman
– Eri Yuliawan
– Muntako
UF Logistik
Kepala : Eko Cahyono
Anggota :
– Zaenal Arifin
– Amin
– Eko Stya Budi
– Kholid
– Darman
– Arif
– Slamet Riyadi
– Slamet Santoso

UF BSM (Unit Fungsional Bulan Sabit Merah)
Kepala : Sodikin
Anggota :
– Aminudin
– Mahabah
– Arif Siswanto
– Sofanul Hidayat

UF INVAR (Unit Fungsional Investigasi Arbitrase)
Kepala : Ahmad Hidayatusibyan
Anggota :
– Wiwit Wibisana
– Cristian Eka Diana
– Tusirun
– Wiwit
– Fikri Alim Wijaya

UF Provpam
Kepala : Misrun
Anggota :
– Akrom Hamidi
– Ahmad Syarif Sukirno
– Tekad
– Sugeng Wijaksono
– Prasetyo
– Dimas
– Hajim
– Ilham Vandita
– Aris Setiawan
– Sutrisno

UF Bintal
Kepala : Jumatun
Anggota :
– Hanifudin
– Nasrullah
– Arif Kholdun
– Kurnia Darmawan

Share the Post:
Related Posts
Skip to content