Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Ribuan Peserta ikuti Aksi Banjarnegara Peduli Palestina

(BANJARNEGARA) – Ribuan peserta dari berbagai wilayah dan berbagai organisasi ramaikan aksi Banjarnegara Peduli Palestina, Minggu (05/11/2023).

Peserta terdiri dari orang tua, remaja, anak anak, lelaki dan perempuan dengan membawa berbagai atribut serta menyuarakan yel yel keprihatinan dan anti Israel.

Aksi yang dimulai di Jalan Ahmad Dahlan depan Masjid An Nuur tersebut menampilkan aksi teatrikal anak-anak, orasi tokoh, penggalangan dana dan long march di seputaran kota Banjarnegara.


“Tujuan dari aksi ini adalah untuk menggugah kepedulian warga Banjarnegara terhadap derita saudara kita warga Palestina,” ujar Koordinator aksi, Toto, di sela sela kegiatan.


“Wujud nyata kepedulian itu selain kegiatan aksi juga dilakukan pengumpulan dana,” katanya.

Aksi Peduli Palestina ini imbuhnya, tidak hanya di Banjarnegara. Tetapi diselenggarakan juga di berbagai daerah di Indonesia.


“Siang hari ini di tingkat Nasional diselenggarakan di seputaran Monumen Nasional yang dihadiri berbagai tokoh Nasional” terang Toto.


Wasis koordinator aksi dari Muhammadiyah menyampaikan bahwa pihaknya telah berupaya mengerahkan berbagai sumber daya yang ada untuk meramaikan kegiatan.


“Aksi ini mendapat dukungan dari Muhammadiyah, Aisyiyah dan semua ortom Muhammadiyah. Bahkan sejumlah Pimpinan Cabang Muhammadiyah mengirimkan peserta,” tutur Wasis.


Selain Muhammadiyah, aksi damai Banjarnegara Peduli Palestina diikuti oleh ormas dan komunitas lain diantaranya Syarikat Islam dan ortomnya, Alumni 212, Akhwat Bergerak, Yayasan At Thohiriyah, Al Madina, Adzia, Hidayatullah, Kajian Pemuda Hijrah, Mualaf Center Indonesia, Bening UMKM, Yayasan Al Istiqomah, Sahabat Alam, Lazismu dan seterusnya.

Sementara itu, dari aksi penggalangan dana dilaporkan sampai siang donasi yang terkumpul sebesar Rp 80 juta.
“Dana yang terkumpul disalurkan ke Lazismu untuk diteruskan ke Palestina,” imbuh Wasis.


Amar yang merupakan salah satu peserta aksi dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Madukara mengaku sengaja datang mengikuti aksi bersama istri dan anaknya.


“Kami memang sengaja datang ikut aksi untuk menunjukkan keprihatinan kami atas apa yang dialami oleh saudara kami di Palestina,” aku Amar (**_ekobr)

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content