Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Lestarikan Alat Musik Tradisional, MI Muhammadiyah Getas Pandanarum Adakan Ekstrakurikuler Musik Angklung

Pandanarum- Di era modern sekarang ini, minat anak-anak terhadap alat musik tradisional semakin menurun. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan anak-anak yang lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain game online dari HP android yang mereka miliki. Sebagai upaya menanamkan rasa cinta terhadap alat musik tradisional, MI Muhammadiyah Getas Pandanarum adakan ekstrakurikuler musik angklung bagi siswa siswi kelas 4, 5, dan 6 setiap hari kamis.

Menurut guru Kesenian MI Muhammadiyah Getas Febri Imawan, Dengan diadakannya ekstrakurikuler ini para siswa diharapkan akan lebih kreatif dalam memainkan alat musik tradisional khususnya angklung dan mengenal budaya daerah, selain itu angklung yang dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu Muhammadiyah sehingga bisa mempercepat siswa menghafal lagu-lagu tersebut.

“Tujuannya ya agar siswa-siswi lebih kreatif, lebih mengenal budaya angklungan, terlebih untuk mempercepat siswa menghafal lagu Muhammadiyah dengan alat musik angklung” imbuhnya.

Kamis (02/11/2023) adalah hari pertama diadakannya ekstarkurikuler musik angklung, para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini di sekolah. Isqo salah satu siswa MI Muhammadiyah Getas bahkan merasa sangat senang karena mendapat pengalaman baru yaitu dapat mengenal dan memainkan musik angklung.

“Saya merasa sangat senang, karena yang dulunya tidak bisa berkat ada ekstra menjadi bisa dan menguasai teknik bermain musik khusunya musik angklung”. ujarnya

Melalui ekstrakurikuler musik angklung ini diharapkan para siswa juga dapat meningkatkan prestasinya di bidang kesenian khususnya kesenian tradisional seperti angklung, sehingga dapat membawa nama baik Madrasah.

Kontributor : PCM Pandanarum

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content