Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

DSD Banjarnegara Bersama Kwarda HW Gelar Latihan Bersama Kecakapan Semaphore

Banjarnegara ,01/06/2024. Bertepatan dengan dengan hari kesaktian pancasila Dewan Sughli Daerah DSD Banjarnegara dan Kwartir Daerah Hizbul Wathan (Kwarda HW) menggelar latihan bersama kecakapan semaphore yang bertempat di serambi Masjid SMA Muhammadiyah Banjarnegara.

Dalam acara ini, mengundang Anggota dan salah satu KWarda HW Banjarnegara, Bagus Likurnianto sebagai pemateri yang mengajarkan cara berkomunikasi dengan bendera semaphore.

Dalam sejarahnya, semaphore adalah sistem komunikasi visual yang menggunakan serangkaian bendera atau lengan untuk mengirim pesan antara dua pihak atau lebih yang terpisah oleh jarak yang cukup jauh. Sistem ini telah digunakan selama berabad-abad untuk komunikasi darat dan maritim sebelum penemuan telegraf.

DSD Banjarnegara bermaksud untuk menambah kecakapan dari anggotanya dengan cara berlatih alat komunikasi di lapangan berupa semaphore.

“Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM DSD untuk menggunakan alat komunikasi lapangan berupa Semaphore” ungkap Bagus likurnianto salah satu KWarda HW banjarnegara “

Kegiatan latihan semaphore ini adalah salah satu program kerja DSD Banjarnegara bidang kegiatan. Dengan diadakan latihan ini diharapkan anggota DSD lebih semangat untuk berjuang membersamai Kwarda HW untuk menciptakan kader kader Muhammadiyah yang militan dari pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi melalui gerakan kepanduan HW.

Penulis : Emi Karyawati, S.Pd (Pembina DSD Banjarnegara)

Editor : Dhimas

Share the Post:
Related Posts
Skip to content