Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Standar Kompetensi Insan Baitut Tamwil (SKIB) Muhammadiyah. Pelatihan Kompetensi Pengelola Inspiratif untuk Masa Depan

Tanggal 5-6 Oktober 2024. Menjadi sejarah baru pergerakan ekonomi syariah di Banjarnegara.Bertempat diKantor Pusat BTM Banjarnegara. Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) menyelenggarakan pelatihan Standar Kompetensi Insan Baitut Tamwil Muhammadiyah (SKIB). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pengelola dan staf BTM atau pelatihan BTM leading competency model intensive class for staff.

Dengan pelatihan SKIB ini, diharapkan para pengelola BTM dapat lebih siap menghadapi tantangan dan berkontribusi secara positif terhadap pengembangan anggota dan masyarakat. Untuk bersama-sama membangun kepercayaan yang inspiratif.

BTM bukanlah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), tapi usaha amalnya Muhammadiyah. Menurutnya, usahanya harus lebih serius sebab usahanya harus dikedepankan. untuk bisa memberikan layanan yang baik kepada anggota, termasuk konsultasi keuangan dan pembiayaan,” Ujar Harun Nur Faid, S.ST selaku Sekretaris Pengurus KSPPS BTM Banjarnegara.

Sementara Ibu Miftakhun Ni’mah, M.Psi, Psikologi selaku Associate Konsultan UPKM Psikologi UGM memberikan materi di antaranya:

  1. Sharia Work Ethics

Menjadikan Kemenangan Peradaban Ekonomi Syariah sebagai visi besar BTM.

  • Menjadikan value syariah sebagai dasar sikap, perilaku, dan keputusan, dalam membangun BTM.
    • Bersikap konsisten terhadap visi dan value BTM meskipun dalam situasi tidak sesuai harapan
  • Driving for Excellent
  • Memiliki standar kerja yang tinggi
  • Meningkatkan performa kerja lebih baik dari sebelumnya
  • Menunjukkan sense of urgensi atas kesenjangan dalam proses kerja, proses bisnis, serta menginisiasi tindakan untuk mengatasinya
  • Customer Relation
  • Membangun relasi untuk mendengar dan mendapatkan pemahaman terhadap pelanggan/user
  • Menjadikan perspektif pelanggan/user sebagai salah satu dasar perilaku keputusan-strategi yang dibuat
  • Menampilkan kesediaan mengeluarkan energi, biaya, waktu, sumber daya lebih dalam konteks pelayanan kpd pelanggan/user
  • Agility
  • Bersikap terbuka terhadap perubahan yang berdampak langsung pada diri dan BTM, baik perubahan internal (struktur, budaya, penugasan, proses kerja), maupun perubahan eksternal (sosial, ekonomi, regulasi, perilaku konsumen, persaingan)
  • Responsif dalam menentukan sikap, metode, dan pendekatan baru yang sesuai dengan tuntutan yang ada
  • Mampu menjaga performa kerja tetap optimal dalam situasi perubahan

Harapan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan inspirasi baru. Di akhir acara, setiap peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam lingkungan kerja mereka masing-masing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan pemateri yang telah berkontribusi dalam keberhasilan pelatihan ini. Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan di masa mendatang untuk terus meningkatkan kompetensi di KSPPS BTM Banjarnegara.” Ungkap Sofyan Nurdin selaku Manajer Umum.

Kontributor: Mister Kismadi (MPI PCM Kalibening)

Editor: Dhimas

Share the Post:
Related Posts