Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banjarnegara
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.8, Banjarnegara, Jawa Tengah 53418

Pembukaan Taruna Melati 2. Ketua PCM Merden Berpesan : Jadilah teladan yang baik

Merden – Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Merden, Darsum, memberikan amanat penuh inspirasi pada acara pembukaan Taruna Melati 2 yang berlangsung di Pondok Pesantren Daarul Falaah, Merden, Senin (3/6). Acara ini dihadiri oleh ratusan santri dan para undangan yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

Dalam pidatonya, Darsum menekankan pentingnya peran santri sebagai kader yang memiliki tanggung jawab besar di berbagai bidang kehidupan. Beliau menyampaikan tiga poin utama mengenai peran santri sebagai kader:

  1. Sebagai Kader Persyarikatan
    “Santri diharapkan menjadi kader persyarikatan yang tangguh dan berintegritas. Persyarikatan Muhammadiyah membutuhkan generasi muda yang mampu melanjutkan perjuangan dakwah dengan semangat yang tinggi. Kalian harus terus belajar dan mengasah kemampuan, baik dalam ilmu agama maupun ilmu umum, untuk mampu berkontribusi secara maksimal di organisasi kita,” ujarnya.
  2. Sebagai Kader Umat
    Dalam konteks ini, Darsum mengingatkan para santri untuk selalu berada di garis depan dalam pelayanan terhadap umat. “Sebagai kader umat, kalian harus siap membantu dan memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Jadilah teladan yang baik dalam akhlak dan ibadah, serta senantiasa berusaha memperbaiki diri dan lingkungan sekitar.”
  3. Sebagai Kader Bangsa
    Beliau juga menekankan pentingnya peran santri dalam pembangunan bangsa. “Negara ini memerlukan generasi muda yang berkarakter kuat dan memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan bangsa. Sebagai kader bangsa, kalian harus berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan, serta berkontribusi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, dan sosial. Jangan pernah lelah berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” pesan beliau.

Acara pembukaan Taruna Melati 2 yang dikelola oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Banjarnegara ini juga dihadiri oleh Mudir Pesantren Daarul Falaah, pimpinan cabang ‘Aisyiyah dan PC IPM Merden.

Dengan amanat yang disampaikan oleh ketua PCM, diharapkan para santri dapat lebih termotivasi dan siap menjalankan peran mereka sebagai kader persyarikatan, kader umat, dan kader bangsa. Semoga semangat Taruna Melati 2 ini dapat terus menggelora dalam diri setiap santri, membawa manfaat besar bagi masyarakat, organisasi, dan negara.

Amin ya Rabbal Alamin. Nuun Walqolami Wamaa Yasthuruun

Share the Post:
Related Posts
Skip to content